Final Battle – Alphabet Class (1)

Biasanya saya memang tidak pernah buat posting semacam ini. Tapi demi menjawab tantangan menanggapi posting temen saya yang satu ini, maka saya tuliskan ide saya di sini. Kalau di kolom komentar takut kepanjangan soalnya sekaligus sebagai bahan untuk update blog.

OK. Langsung aja ya, Yos. Ide yang saya tulis di sini adalah mengenai Alphabet Class yang sempat kita bahas kemarin. Yaitu untuk melengkapi inisial I, N, T, X, Y, dan Z yang belum ada. Pertama, kita bahas dulu tiga class yang sudah kita bicarakan kemarin.

  • Yakuza
    • Terbuang dari negeri asal Shogun/Samurai/Ninja/Ronin (bukan Jepang). Memiliki semua kemampuan dari yang sudah disebutkan tadi. Ditambah dengan Dark Elemental.

    • Sesuai yang kita bicarakan kemarin, Yakuza masuk gugus Physical. Dan ini adalah perwakilan dari inisial Y. Untuk ability-nya nanti ambil semua dari yang dimiliki Shogun/Samurai/Ninja/Ronin (saya lupa, kemarin class semacam Ninja sudah ada di tempatmu belum, ya?). Seperti misalnya TwoSword, TwoHanded, ItemThrow (shuriken), Elemental Bomb, etc.

  • Indian
    • Berasal dari daerah utara. Memiliki kemampuan untuk memanggil roh-roh binatang (animal spirit) yang berguna dalam pertahanan maupun serangan.

    • Class ini merupakan alih rupa dari class Yankee. Karena ‘Y’ sudah dipakai untuk Yakuza, maka untuk class ini saya ambil inisial ‘I’. Gugus yang cocok untuknya, saya usul gugus Health. Seperti halnya Viking, QiGong, dan Yakuza; class Indian memiliki nuansa “kedaerahan”. Ability-nya nanti yang saya bayangkan akan seperti QiGong. Hanya bedanya kalau QiGong memanggil sacred creature, kalau Indian ini cukup “hewan normal” saja, seperti beruang, elang, leopard atau rusa (pokoknya yang keren, ya 😀 ). Masing-masing animal spirit akan memberikan efek recovery, restoration, atau support yang berbeda-beda. Saya maunya ada animal spirit yang bisa digunakan untuk menyerang (offense) juga. Tapi terserah kamu, takutnya nanti melanggar konsistensi gugus Health 😀 .

  • Native
    • Memiliki keahlian untuk “bicara”. Kata-katanya bisa membangkitkan parameter kawan. Atau mengurangi parameter lawan.

    • Seperti yang kamu duga, class ini adalah class Talker yang kita bahas kemarin. Yaitu class yang memiliki ability seperti Mediator dalam Final Fantasy Tactic. Kenapa saya ubah namanya menjadi Native? Ini karena inisial ‘T’ mau saya pakai untuk class berikutnya. Oh ya, untuk gugusnya pun saya ubah. Bukan masuk gugus Logical/Territorial seperti yang kamu usul kemarin, tapi masuk gugus terakhir: Agile. Dan menurut saya, kata Agile kurang tepat untuk mendeskripsikan gugus ini. Karena menurut saya, bukan “kecepatan” yang menjadi faktor kelebihan di gugus ini, tapi “keahlian khusus” (special skill) yang dimiliki tiap class. (Yaitu class Ranger, Fencer, Jester/Dancer). Jadi saya usulkan nama gugus ini bukan Agile, tapi Skill. (Ya ampun, Alphabet Class aja belum lengkap usulnya, dah berani ngusulin perubahan nama gugus, ckckckckck…).

Segitu dulu ya. Untuk class yang lain (T, X, Z) disambung di postingan berikutnya saja. Karena yang ini pun sudah kepanjangan.

Published by Eric Gunawan

Happiness Engineer. WordPress Ambassador. Remote Worker. Soccer News Follower. Movie Lover. Proud Father. Lucky Husband.

3 thoughts on “Final Battle – Alphabet Class (1)

  1. keren..
    btw, biar gak pada bingung ma istilah gugus, saya abhas disini aja dech..
    1. gugus Health, mempunyai parameter health lebih banyak dari parameter laen, biasanya skillnya berupa revocery, restoration, holy, undead damage, dsb.. (Priest, Cleric, Bishop)
    2. gugus elemental/magic, mempunyai parameter energy/MP/SP paling banyak, mempunyai pepatah tiada serangan tanpa menggunakan MP, dan tanpa MP apa aritinya gugus ini.. (Amazer, Qigong, Wizard)
    3. gugus physical, mempunyai kekuatan serangan fisik besar, biasanya lemah terhadap magic.. (Knight, Escort, Slayer)
    4. gudus logical/terrytorial, mempunyai def yang besar, agility yang kecil, mmepunyai skill yang berupa chain/combo, harus dieksekusi sesuai dengan urutan tertentu untuk menghasilkan damage yang besar.. (Oracle, Lancer, Viking, Undine)
    5. gugus gadget, kelas yang tergantung pada item, panah, botol kosong, peluru, untuk menyerang, umumnya mempunyai skill yang powerful, tapi memiliki sedikit health, defense, dan MP.. (Hunter, Medico, Gunner)
    6. gugus agile/ailment, merupakan gugus yang mengandalkan kecepatan dan status ailment untuk memenangkan pertarungan, racun adalah segala2nya bagi mereka, membuat musuh lemah merupakan strategi mereka.. (Ranger, Fencer, Jeter, Dancer)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: