URL Expander

Masih tentang Silver Bird dan t.co URL Wrapper dari Twitter. Jika kemarin bermasalah dengan tweet yang di-post sendiri, masalah berikutnya adalah membaca link yang berasal dari tweet orang lain.

Sama seperti tweet sendiri yang ditampilkan dalam t.co, link yang berasal dari tweet orang lain pun pastinya ditampilkan dalam t.co.

Masalahnya, jadi susah menebak, apakah link tersebut aslinya hanya berupa “ASP.NET” atau “google.com”, atau short URL khusus seperti http://wp.me milik WordPress.com dan http://youtu.be milik YouTube. Memang jika ternyata URL itu berupa short URL umum seperti http://bit.ly, masih harus menebak lagi URL aslinya berasal dari mana. Tapi kadang ada juga yang menge-post URL asli langsung di Twitter. Dan ini menjadi tidak terlacak gara-gara si t.co.

***

Solusinya, mencari URL Expander.

Ada cukup banyak alternatif untuk service ini. Yang sudah dicoba antara lain ada dua.

Pertama LinkPeelr. Yang disuka dari layanan ini adalah, bisa “menguliti” (Peel) sebuah link sampai “lapisan” yang paling dalam. Sangat cocok untuk kasus di mana sebuah link yang sudah dipendekkan dengan URL shortener tertentu, kembali dipendekkan lagi oleh si t.co.

LinkPeelr
Tombol "Peel" bisa "menguliti" sampai dalam

Ada versi Chrome Extension-nya juga. Tapi sayang, cara kerjanya harus meng-hover link yang ada di halaman browser. Jadi tidak bisa digunakan untuk link yang didapat dari Silver Bird.

Alternatif kedua yang dicoba adalah KnowURL. Kali ini Chrome Extension-nya sudah sesuai harapan. Bisa digunakan dengan cara copy-paste short URL-nya.

KnowURL
Tidak ada fasilitas "menguliti"

Hanya tidak ada fasilitas seperti LinkPeelr. Kalau ingin “menguliti” lebih dalam, maka caranya adalah dengan menyalin link yang ada di bawah, kembali ke bagian atasnya dan klik Expand sekali lagi.

Cukup repot? Ya, memang.

***

Belakangan baru tahu, ternyata hal ini memang tidak terjadi di semua Twitter client. Sudah mencoba Hotot dan Tuitwit. Dan keduanya TIDAK menampilkan si t.co. Tapi URL asli dari yang di-tweet-kan oleh penggunanya. Tapi sekali lagi, penggunaan keduanya masih butuh untuk membuka tab baru. Tidak seperti Silver Bird maupun Echofon.

Jadi, ada alternatif lain untuk Twitter client Chrome Extension? 😐

***

Sumber:

Published by Eric Gunawan

Happiness Engineer. WordPress Ambassador. Remote Worker. Soccer News Follower. Movie Lover. Proud Father. Lucky Husband.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: