PHP in CLI

Bukan barang baru sebenarnya, tapi saya baru tahu sekarang 😳 PHP yang selama ini saya kenal sebagai bahasa pemrograman untuk web development ternyata bisa digunakan juga dalam CLI (Command Line Interface). Sebagai bahasa pemrograman web, tadinya saya pikir untuk menjalankan script PHP harus dari browser. Sehingga untuk membuat contoh kode sumber sederhana yang membutuhkan interaktifitas user, paling tidak harus membuat dalam bentuk form HTML yang menggunakan metode Submit dan/atau GET / POST. Tapi itu ribet! Paling tidak harus menggunakan sekali refresh di web browser untuk mendapatkan hasilnya.

Setelah Googling sedikit ke sana dan kemari akhirnya ketemu juga cara untuk menjalankan PHP lewat console (Command Prompt kalau di Windows). πŸ˜‰ Cukup mudah ternyata. Jika kita sudah memiliki PHP yang terinstal di Windows, otomatis kita bisa langsung memakainya. Untuk catatan, fitur CLI ini sudah ada di PHP sejak versi 4.2.0 (masih berupa eksperimen). Dan mulai ada secara default sejak versi 4.3.0 dan berlanjut hingga PHP 5. Bagi yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, bisa melihat sumber-sumber yang saya cantumkan di bawah. Untuk mengujinya, saya coba menjalankan contoh script berikut ini.

	$stdin = fopen('php://stdin', 'r');
	echo 'Input a Name : ';
	$name = fgets($stdin);
	echo 'n';
	$greeting = '';
	
	while (!($greeting == 1 || $greeting == 2 || $greeting == 3)) {
		echo 'Choose a greeting:n';
		echo '1. Sugeng enjangn';
		echo '2. Sugeng awann';
		echo '3. Sugeng dalunn';
		$greeting = fgets($stdin);
	}
	if ($greeting == 1) {
		$greeting = 'Sugeng enjang';
	} else if ($greeting == 2) {
		$greeting = 'Sugeng awan';
	} else if ($greeting == 3) {
		$greeting = 'Sugeng dalu';
	}

	echo 'n' . $greeting . ' ' . $name . 'n';
	fclose($stdin);

Simpan script di atas, misal dengan nama answer22.php. Karena saya menggunakan XAMPP untuk instalasi PHP dan Apache, maka saya harus menaruh script di atas di direktori ../xampp/php. Selanjutnya, untuk menjalankan script tersebut, buka Command Prompt di Windows dan ketikkan:

C:xamppphp>php answer22.php

Hasilnya? Silakan lihat sendiri. πŸ˜›

Script di atas sekaligus untuk menjawab tantangan teman saya yang baik-hati-dan-tidak-sombong-tapi-suka-menantang-itu… πŸ™„

Sumber:

Published by Eric Gunawan

Happiness Engineer. WordPress Ambassador. Remote Worker. Soccer News Follower. Movie Lover. Proud Father. Lucky Husband.

5 thoughts on “PHP in CLI

Leave a comment