Prediksi Empat Besar PD 2010

Ikutan bikin prediksi kaya Oom Yahya, ah. Tapi langsung ke 4 besar saja. :mrgreen:

Babak penyisihan grup sudah berlalu. 16 tim sudah terpilih dari Grup A-H. Perinciannya terdiri dari 6 tim Eropa (UEFA), 5 tim Amerika Selatan (CONMEBOL), 2 tim Amerika Utara dan Tengah (CONCACAF), 2 tim Asia (AFC), dan sayangnya cuma 1 tim Afrika (CAF) yang notabene sebagai zona tuan rumah. Dari 16 tim ini saya akan membagi menjadi 4 pool dan memilih 1 tim yang akan maju ke semifinal, sesuai dengan skema yang telah ditentukan oleh FIFA.

Pool 1 berisikan Belanda, Slovakia, Brasil, dan Chile. Dua tim unggulan di sini adalah Belanda dan Brasil. Keberhasilan Slovakia mengalahkan Italia lebih saya anggap karena Italia memang baru dalam titik terendahnya. Sama seperti dulu Jerman yang juga menuai banyak kritik karena terdiri dari banyak pemain ‘tua’.

Belanda sendiri, sama seperti banyak pengamat mengatakan, biasa lolos dari penyisihan grup dengan rekor fantastis, seperti misalnya selisih gol yang cukup besar ataupun sempurna dengan tiga kemenangan. Tapi di babak gugur, mereka sering tidak beruntung dan jarang bisa meneruskan sampai ke puncak. Euro 2008 yang lalu salah satu buktinya. Jadi saya memilih Brasil untuk pool ini. Fakta bahwa mereka adalah juara Piala Konfederasi 2009 yang lalu, yang sepertinya malah jarang dibicarakan orang, menjadi salah satu alasan saya.

Pool 2 berisi Uruguay, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Ghana. Pool ini merupakan favorit saya, dikarenakan tim-tim yang ada di sini bukan merupakan tim unggulan. Jadi bisa dipastikan akan ada satu kuda hitam yang melaju ke semifinal. Tidak seperti Piala Dunia 2006 lalu, di mana keempat semifinalis berasal dari Eropa semua. Gak, seru ah šŸ™‚ Korsel pernah mencapai semifinal di Piala Dunia 2002 sewaktu menjadi tuan rumah. Tapi kali ini, untuk pool ini saya lebih menjagokan Amerika Serikat.

Kembali yang menjadi pertimbangan adalah AS merupakan runner-up perhelatan Piala Konfederasi 2009 yang lalu. Mungkin malah banyak orang yang sudah melupakan ini. Padahal waktu itu mereka melaju ke final dengan mengalahkan Spanyol 2-0. Susunan kedua tim waktu itu tidak berbeda jauh dengan saat ini, sama halnya dengan Brasil. Tiga nama yang bisa mengangkat permainan AS adalah Tim Howard, Landon Donovan, dan Clint Dempsey. Faktor lain yang perlu diingat adalah mereka belum mengalami kekalahan di fase penyisihan serta mampu menjuarai grup dengan mengungguli Inggris.

Pool 3 merupakan pool yang paling sulit diprediksi. Ada nama-nama Jerman, Inggris, Argentina dan Meksiko di sini. Tanpa mengecilkan nama Meksiko, tiga nama yang lain merupakan favorit juara di Piala Dunia 2010 ini. Jerman, merupakan spesialis turnamen dan hampir selalu mampu mencapai partai puncak. Argentina, meski dengan pelatih eksentrik Diego Maradona dengan segala pola latihan yang nyleneh dan pemilihan pemain yang ‘ajaib’, memiliki rekor kemenangan sempurna di fase grup. Inggris yang semula difavoritkan juara, malah melempem di dua partai awal. Meski akhirnya lolos juga.

Jika menuruti kata hati, sebetulnya saya ingin memilih Inggris. Pertandingan terakhir disebut-sebut awal kebangkitan Inggris. Jika ini benar, maka bisa jadi ‘mesin’ Inggris akan semakin ‘panas’ dari satu pertandingan ke pertandingan berikutnya. Kalau Rooney masih belum mampu menunjukkan performa terbaiknya, maka Gerrard, Lampard, Joe Cole dan banyak nama lain harus bisa menggantikannya. Faktor Capello juga tidak boleh dilupakan. Dia merupakan pelatih cerdas dan mau mendengarkan masukan dari sekitarnya. Akan tetapi, jika pertandingan Inggris dan Jerman berakhir dengan adu penalti, bisa jadi Jerman atau Argentina yang akan tampil di semifinal nanti.

Pool 4 atau pool terakhir berisi Paraguay, Jepang, Spanyol dan Portugal. Bisa ditebak saya akan menjagokan mana. Yup, benar. Saya memilih Spanyol yang juga merupakan salah satu favorit juara. Terus terang untuk Paraguay dan Jepang, saya tidak terlalu mengikuti perkembangannya. Untuk Portugal, meski memiliki Cristiano Ronaldo, tetap saja mereka masih kalah dari generasi emas zaman Luis Figo, Rui Costa, dan lain-lain. Spanyol sendiri, meski kalah di pertandingan awal, mampu menang di dua sisa pertandingan. Jadi, saya rasa Spanyol-lah yang akan maju ke semifinal.

***

Lalu, siapa kira-kira yang akan menjadi juara menurut prediksi saya? šŸ™‚

Kalau mau ‘sok’ kedaerahan dengan membela nama Asia, tentunya saya berharap Korea Selatan atau Jepang-lah yang menang. Tapi sepertinya Park Ji-sung di Korsel ataupun Keisuke Honda di Jepang belum mampu menjadi seperti Tsubasa di dalam komik maupun anime :mrgreen:

Sebetulnya pilihan pertama saya adalah Prancis. Tapi karena mereka sudah pulang kandang secara memalukan dengan sukses, otomatis sekarang saya beralih ke pilihan kedua, yaitu Inggris. Tapi seperti sudah saya bahas di atas, jika Inggris tidak mampu ‘lolos’ dari pool yang saya buat di atas, maka Spanyol berpeluang mengawinkan gelar Euro 2008 dengan World Cup 2010. Untuk AS, sepertinya meraih juara di Piala Dunia masih berupa mimpi. Mereka bisa merealisasikannya di Hollywood saja nanti šŸ˜›

Lho, Brasil ke mana? Ah, pokoknya, kalau bisa, jangan Brasil-lah yang menang kali ini. Bosan saya. šŸ˜ˆ

Published by Eric Gunawan

Happiness Engineer. WordPress Ambassador. Remote Worker. Soccer News Follower. Movie Lover. Proud Father. Lucky Husband.

2 thoughts on “Prediksi Empat Besar PD 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: