LogMeIn Hamachi Error

Saya meng-instal Hamachi atas rekomendasi seorang teman. Sebelumnya saya sempat meng-instal di PC kantor lama dan semuanya baik-baik saja. Tapi ketika saya mencoba meng-instal di laptop, saya menemui masalah.

Saya bisa meng-create sebuah network baru. Saya juga bisa join dengan network lain yang sudah ada. Saya sudah mencobanya dengan berbagai koneksi internet, baik itu dari modem, warnet, dan Wi-fi (hotspot) di tempat umum. Masalahnya, muncul sebuah segitiga kuning kecil dengan tanda seru di dalamnya, di sebelah tiap komputer yang ada dalam network. Jika dilihat di Details dari salah satu komputer tersebut, akan muncul kotak Peer Properties dengan tanda “error” di bagian “VPN status”. Dan jika details di-klik, maka kita disuruh melihat di tab “Settings”. Di tab Settings, tampak status “network adapter error” dan dikatakan “Failed to connect to the network adapter. Peer is not accessible via VPN.”

Saya tetap bisa chat dengan komputer lain. Meski kadang sempat error. Tapi saya tidak bisa Ping ataupun Browse komputer tersebut. Setting Firewall juga sudah saya matikan. Pada dasarnya, beberapa fitur bekerja (seperti Chat), tapi fitur lain tidak bekerja (seperti Ping dan Browse). Setelah browsing dan googling ke sana sini, akhirnya menemukan jawabannya di sini.

Cukup mudah langkah-langkah yang harus dilakukan.

  1. Buka “Task Manager” (tekan Ctrl+Alt+Del) dan matikan proses “hamachi-2.exe”.
  2. Buka “Network Connections”. Disable dan enable lagi “Hamachi Network Adapter”.
  3. Tekan “Start”. Pilih “Run”. Ketikkan “services.msc”. Lalu tekan OK.
  4. Cari service “LogMeIn Hamachi 2.0 Tunneling Engine”. Tekan “start” untuk menghidupkan kembali service ini.
  5. Jalankan kembali Hamachi dari “Start Menu”.

Langkah di atas berhasil untuk saya. Tapi dari yang saya baca di forum, ternyata ada beberapa solusi lain seperti meng-uninstal Hamachi dll. Silakan baca lengkapnya di sini dan cobalah mana yang sesuai untuk Anda. Semoga beruntung! 😉

Published by Eric Gunawan

Happiness Engineer. WordPress Ambassador. Remote Worker. Soccer News Follower. Movie Lover. Proud Father. Lucky Husband.

8 thoughts on “LogMeIn Hamachi Error

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: