Kirk Conole

Minggu, 11 April 2010 malam, saya nonton “Are You Smarter Than a 5th Grader” versi Amerika di Star World. Pesertanya waktu itu bernama Kirk Conole, 44 tahun. Yang menarik, dia berhasil mencapai pertanyaan terakhir senilai $500,000.00 dan menjawabnya dengan benar. Bukan kehebatan atau prestasinya itu yang membuat saya tertarik. Tapi sikap dan karakter yang ditunjukkan Kirk sepanjang permainanlah yang menarik untuk diamati. Berikut saya sampaikan hasil analisa saya.

Respect

Kirk menunjukkan respek yang tinggi kepada setiap anak yang mendampinginya. Setiap kali ada anak yang maju, kata-kata semacam “I’m counting on you” dan sejenisnya, selalu ia ucapkan. Padahal, dia tidak pernah memakai satu pun bantuan dari mereka, tidak sampai di pertanyaan-pertanyaan akhir. Penting untuk menghargai dan memberikan respek kepada orang-orang di sekitar kita, bahkan ketika kita tidak membutuhkan mereka!

Family

Kirk membawa keluarganya untuk mendukung dia dalam acara. Di layar kaca, terlihat beberapa orang yang saya duga sebagai istri, ibu, saudara perempuan dan anak-anak perempuannya. Benar-benar seorang family man ! Kapan terakhir kali kita melakukan sesuatu bersama keluarga? Kapan terakhir kali kita mendapat dukungan dari keluarga ketika akan memutuskan sesuatu? Dan kapan terakhir kali kita mendukung anggota keluarga lain yang akan melakukan satu hal penting dalam hidupnya?

Fail

Kegagalan itu selalu ada. Untuk pertanyaan bernilai $50,000, Kirk mendapatkan,

“Untuk bilangan yang memiliki penyebut 5 (lima), berapakah nilai pembilang yang sesuai agar bilangan itu bisa disebut sebagai pecahan?”

Kirk menjawab 5 (lima). Dan ia salah. Bahkan seluruh anak yang lain menjawab dengan benar, yaitu 1 (satu). Tapi Kirk masih mempunyai opsi ‘Save’. Itu berarti, jika jawaban Nathan, pasangan Kirk waktu itu, benar, maka Kirk akan ‘diselamatkan’. Ia tidak akan kehilangan uang dan bisa melanjutkan permainan. Dan ternyata Nathan menjawab 1. 😉 Just remember, when you’re in trouble or have a big problem, Someone has “saved” you! 🙂

Disclaimer: untuk terjemahan soal dan aturan main ‘Save’ mungkin ada kesalahan. Secara sebetulnya saya tidak terlalu paham. Tapi intinya, jangan takut gagal! 8)

Read

Di awal permainan, Kirk berkata bahwa Sejarah adalah mata pelajaran favoritnya semasa sekolah. Di tahap terakhir senilai $500,000, Kirk memilih “5th Grade History” dan mendapatkan pertanyaan,

“Siapakah Presiden USA yang tidak pernah menikah?”

Di sini menariknya. Kirk suka sekali membaca buku-buku biografi termasuk biografi Presiden Amerika Serikat. Tapi ia TIDAK PERNAH menemukan hal ini. Yang ia tahu, dari Presiden ke-1 sampai ke-14, semuanya sudah menikah. Setelah berpikir cukup lama, Kirk akhirnya mengunci jawabannya: James Buchanan. Keadaan menjadi tambah menarik ketika semua jawaban anak dibuka. Ada 2 anak menjawab Harrison, sementara yang 3 lagi berbeda. Tidak ada yang menjawab James Buchanan. It’s Kirk’s call. … Dan ternyata Kirk benar. 😀

Too much reading won’t kill you. Mungkin tidak semua jawaban ada di buku yang pernah kita baca. Tapi dengan banyak membaca, pasti banyak manfaatnya. Menambah wawasan kita, melatih otak kita untuk berpikir, dan … memenangkan pertanyaan senilai $500,000 :mrgreen:

Optimistic

Ini yang paling saya suka. Dari awal hingga sepanjang permainan, Kirk terlihat sangat bersemangat. Ia berteriak, bertepuk tangan, membuat gerakan tangan seperti “bring it on!” dan bahkan melompat-lompat sampai bajunya berantakan. Sangat eksplosif. Tidak terlihat bahwa ia sudah berusia 44 tahun. Dan Kirk selalu percaya diri ketika menjawab. Dari gayanya ketika mengunci jawaban, ia terlihat sangat yakin dengan itu. Tidak peduli ia pernah gagal, atau ketika ia tidak tahu persis apa jawabannya, ia selalu yakin. Ia tahu apa yang ia lakukan, ia menyukainya, dan ia selalu optimis akan berhasil. Kapan terakhir kali kita yakin dengan apa yang kita lakukan? Apakah kita menyukai apa yang kita lakukan sekarang? Dan apakah kita selalu optimis bahwa kita akan berhasil?

Semua jawaban ada di tangan Anda. 😉

***

PS: Mau tahu apakah Kirk mampu memenangkan pertanyaan bonus senilai $1,000,000? Silakan menyimpulkan jawaban Anda sendiri di sini. :mrgreen:

Published by Eric Gunawan

Happiness Engineer. WordPress Ambassador. Remote Worker. Soccer News Follower. Movie Lover. Proud Father. Lucky Husband.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: